Persyaratan dan Ketentuan Pelaksanaan Seminar Tugas Akhir dan Sidang di Masa Pandemi

Dalam masa antisipasi penyebaran Covid-19, Persyaratan dan Ketentuan Pelaksanaan Seminar Tugas Akhir serta Sidang Tugas Akhir untuk Mahasiswa Sarjana Program Studi Teknik Metalurgi ITB telah disesuaikan sebagai berikut:

Persyaratan dan Ketentuan Pelaksanaan Seminar Tugas Akhir Secara Online Selama Masa Pandemi

  1. Seminar Tugas Akhir harus dihadiri minimal 5 orang mahasiswa MG.
  2. Telah mendapatkan persetujuan oleh dosen pembimbing.
  3. Undangan seminar (termasuk link) yang disetujui dosen pembimbing telah diedarkan minimal 3 hari sebelum hari-H Seminar. Ruang Seminar ditentukan oleh Dosen Pembimbing, misal menggunakan “R. Seminar MG di Microsoft Teams”.
  4. Mahasiswa mendistribusikan ringkasan (abstrak) tugas akhir 1 halaman yang sudah diperiksa oleh dosen pembimbing kepada seluruh peserta seminar via media on-line.
  5. Mahasiswa mempersiapkan perlengkapan presentasi TA yang meliputi laptop, hubungan internet dan media online untuk presentasi (via Microsoft Teams). Usahakan untuk mencari lokasi yang mempunyai sinyal internet kuat dan stabil.
  6. Materi presentasi mencakup latar belakang, tujuan dan metodologi penelitian, percobaan dan hasil-hasilnya, pembahasan, dan kesimpulan.
  7. Mahasiswa berpakaian rapi dengan lengan panjang berdasi dan bercelana kain serta hadir sebelum waktu seminar dimulai untuk mempersiapkan seminar.
  8. Mahasiswa melakukan presentasi TA dengan menggunakan Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris yang baik dan benar.
  9. Mahasiswa menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh dosen pembimbing dan mahasiswa serta peserta lainnya yang hadir.
  10. Mencatat perbaikan dan masukan masukan dari dosen pembimbing dan mahasiswa serta peserta lainnya yang hadir.
  11. Waktu seminar maksimal 50 menit mulai pukul 07.00 sd pukul 18.00 dengan perincian waktu sebagai berikut:
  • Pembukaan 5 menit.
  • Dosen pembimbing membuka dan memperkenalkan mahasiswa yang bersangkutan (nama, NIM, judul TA, dan pengantar ringkas penelitian yang dilakukan bila diperlukan).
  • Presentasi tugas akhir: 25 menit menggunakan Media Online (MS Teams). Mahasiswa dalam posisi duduk menghadap ke layar monitor laptop / komputer.
  • Tanya – Jawab: 20 menit.
  • Pertanyaan diajukan oleh mahasiswa yang hadir dan dosen pembimbing.
  • Dosen pembimbing dan mahasiswa lain dapat memberikan saran-saran untuk perbaikan Tugas Akhir yang dilakukan.
  • Penutup: 2 menit.
  • Dosen pembimbing menyampaikan catatan catatan penting dari pelaksanaan seminar yang baru saja dilakukan.
  • Dosen pembimbing menutup seminar.
  1. Daftar hadir peserta seminar diunduh dari media yang digunakan untuk pelaksanaan seminar mengunduh attendance list dari MS Teams) dan mengirimkan ke TU MG.

Formulir undangan seminar dapat diunduh melalui tautan berikut.

Persyaratan dan Ketentuan Pelaksanaan Sidang Tugas Akhir Secara Online Selama Masa Pandemi

  1. Mahasiswa sudah lulus semua matakuliah diluar TA dengan jumlah SKS minimal 139 SKS termasuk matakuliah MG 3090 Kerja Praktek.
  2. Mahasiswa sudah melakukan seminar Tugas Akhir dan dinyatakan dapat mengikuti sidang sarjana oleh dosen pembimbingnya.
  3. Mahasiswa telah menghadiri seminar tugas akhir mahasiswa S1 MG lainnya minimal 10 X.
  4. Mahasiswa telah membuat paper yang berisi ringkasan tugas akhirnya untuk dapat diajukan pada jurnal (nasional maupun internasional), seminar (nasional maupun internasional), dan repository. Paper dibuat dalam format 2 kolom.
  5. Mahasiswa telah mengisi dan mengirimkan ke Tata Usaha MG persyaratan-persyaratan administrasi berupa dokumen digital: biodata, foto digital, form pembimbingan TA yang telah ditandatangani elektronik oleh dosen pembimbing, draft TA, dan paper.
  6. Tata Usaha mengeluarkan undangan yang berisi jadwal sidang, lokasi (online) dan para dosen penguji.
  7. Draft Tugas Akhir dalam format PDF termasuk link untuk semua daftar pustaka bagi tugas akhir studi literatur sudah harus diterima oleh semua dosen penguji maksimal 2 hari sebelum hari sidang sarjana. Bila hari sidang sarjana dilakukan pada Hari Senin, draft tugas akhir harus sudah diterima dosen penguji maksimal Jum’at sore pukul 16.00.
  8. Mahasiswa berpakaian rapi dengan lengan panjang berdasi dan bercelana kain.
  9. Sebelum sidang dimulai, mahasiswa diharuskan mempresentasikan ringkasan tugas akhirnya dengan slide presentasi dengan waktu maksimal 10 menit.

Formulir persyaratan sidang dapat diunduh melalui tautan berikut.

Formulir pendaftaran sidang dapat diunduh melalui tautan berikut.