Transisi Kurikulum 2024 Prodi Teknik Metalurgi ITB

Ketentuan Transisi

Kurikulum 2024 wajib diikuti oleh setiap mahasiswa di Program Studi Sarjana Teknik Metalurgi ITB yang belum dapat menyelesaikan studinya pada tahun ajaran sebelum kurikulum 2024 diberlakukan. Aturan ekivalensi telah dipersiapkan untuk memberikan landasan dalam pemetaan status mahasiswa yang tengah menjalani studi saat kurikulum 2024 mulai diberlakukan. Berdasarkan aturan ekivalensi ini, setiap mahasiswa ditetapkan persyaratan-persyaratan yang masih harus dipenuhinya untuk dapat menyelesaikan program sarjana. Persyaratan-persyaratan tersebut dinyatakan dalam terminologi kurikulum baru. Ekivalensi dilakukan dengan berpegang pada prinsip tidak memberikan kerugian terhadap mahasiswa dan tidak menurunkan kualitas lulusan. Dalam pengertian ini, peralihan ke kurikulum baru tidak membuat mahasiswa mendapatkan tambahan beban kuliah melebihi aturan sks dan waktu studi yang ditetapkan dalam ketentuan kurikulum ITB. Setiap mahasiswa diperlakukan sebagai kasus khusus dengan memperhatikan tahapan penyelesaian studi. Mata kuliah yang telah diselesaikan / lulus akan diperhitungkan dalam rencana studi baru mahasiswa dengan prinsip bahwa suatu mata kuliah tidak dapat dipakai dalam dua tahapan studi atau untuk ekivalensi mata kuliah berbeda dengan sks yang lebih besar.

Strategi umum penerapan kurikulum 2024 di Program Studi Sarjana Teknik Metalurgi ITB adalah sebagai berikut:

Bagi mahasiswa Program Studi Sarjana Teknik Metalurgi ITB secara umum:

  1. Seluruh mata kuliah TPB kurikulum lama yang telah lulus akan diekivalenkan ke MKWI dan MKWP di kurikulum 2024.
  2. Mahasiswa yang telah lulus dari mata kuliah atau telah dinyatakan lulus komponen praktikum dari salah satu mata kuliah Fisika Dasar IA atau Fisika Dasar IIA atau Kimia Dasar IA atau Kimia Dasar IIA dapat menggunakannya untuk proses ekuivalensi mata kuliah WI1111 Laboratorium Sains Dasar (2 sks).
  3. Mahasiswa yang telah lulus mata kuliah KU1102 Pengenalan Komputasi dapat menggunakannya untuk proses ekivalensi ke mata kuliah WI1102 Berpikir Komputasional (2 sks) dan mata kuliah WI2002 Literasi Data dan Inteligensi Artifisial (2 sks) di kurikulum 2024.
  4. Mahasiswa yang telah lulus / akan menyelesaikan mata kuliah KU2071 Pancasila dan Kewarganegaraan (2 sks) di masa transisi dapat menggunakannya untuk proses ekivalensi ke mata kuliah WI1101 Pancasila (2 sks) dan mata kuliah WI2006 Kewarganegaraan (2 sks) di kurikulum 2024.
  5. Mahasiswa angkatan 2022, 2021, dan sebelumnya yang telah lulus / akan menyelesaikan mata kuliah MG4211 K3 dan Lingkungan Metalurgi dapat menggunakannya untuk proses ekivalensi ke mata kuliah MG4211 K3 dan Lingkungan Metalurgi (2 sks) dan mata kuliah WI1103 Pengantar Prinsip Keberlanjutan (2 sks) di kurikulum 2024.
  6. Mahasiswa angkatan 2023 melaksanakan mata kuliah WI1103 Pengantar Prinsip Keberlanjutan (2 sks).
  7. Apabila terdapat kekurangan jumlah sks MKPB, mahasiswa angkatan 2023, 2022, dan 2021 diwajibkan untuk terlebih dahulu memenuhi jumlah mata kuliah pilihan luar program studi sehingga total minimum adalah 6 sks. Setelah itu, mahasiswa diperkenankan untuk mengambil MKPB baik dari dalam maupun luar program studi.
  8. Total sks (MKWI+MKWP+MKPB) yang harus ditempuh oleh mahasiswa untuk menyelesaikan program sarjana adalah sama atau lebih dari sks lulus minimum kurikulum 2024, yaitu 144 SKS.
  9. Total sks (MKWI+MKWP) sama atau lebih dari sks (MKWI+MKWP) minimum kurikulum 2024, yaitu 117 SKS.
  10. Khusus untuk mahasiswa angkatan 2023, dimana syarat (9) tidak terpenuhi, maka mahasiswa dapat mengambil MKPB untuk memenuhi syarat tersebut

Bagi mahasiswa Program Studi Sarjana Teknik Metalurgi ITB dengan kasus khusus:

  1. Strategi transisi kurikulum lama ke kurikulum 2024 akan dievaluasi kasus per kasus oleh program studi.

Setelah semua ekivalensi dilakukan maka mahasiswa pada tingkatan tertentu mengambil mata kuliah sebagai berikut:

  1. Mahasiswa angkatan 2023 melaksanakan perkuliahan di Tingkat II dan selanjutnya sesuai dengan kurikulum 2024.
  2. Mahasiswa angkatan 2022 melaksanakan perkuliahan di Tingkat III dan selanjutnya sesuai dengan kurikulum 2024.
  3. Mahasiswa angkatan 2021 melaksanakan perkuliahan di Tingkat IV sesuai dengan kurikulum 2024

Ketentuan transisi kurikulum 2024 ini telah diatur agar tidak memberikan kerugian kepada mahasiswa di Program Studi Sarjana Teknik Metalurgi ITB. Penerapan aktual kurikulum 2024 di Program Studi Sarjana Teknik Metalurgi ITB akan dirancang lebih detail dalam suatu tabel ekivalensi untuk setiap individu mahasiswa. Ekivalensi mata kuliah di Program Studi Sarjana Teknik Metalurgi ITB dari kurikulum lama ke kurikulum 2024 secara rinci dipetakan pada dokumen berikut.

MOHON DOWNLOAD DOKUMEN DI BAWAH

Terdapat beberapa mata kuliah wajib prodi pada kurikulum lama yang berubah menjadi mata kuliah pilihan bebas dalam prodi pada kurikulum 2024 yang dapat dilihat pada Tabel 1. Mata kuliah pilihan bebas dalam prodi tersebut dapat digunakan untuk pemenuhan SKS Skema Spesialisasi Prodi.

Tabel 1. Perubahan Mata Kuliah Wajib Kurikulum 2019 ke Mata Kuliah Pilihan Bebas Kurikulum 2024