Kuliah Kerja 2018 Teknik Metalurgi ITB

Tanggal 13-15 Agustus 2018 Teknik Metalurgi 2016 melakukan Kuliah Kerja. Kegiatan ini diadakan selama tiga hari dua malam dengan tujuan untuk memperkenalkan dunia industri metalurgi kepada mahasiswa Teknik Metalurgi khususnya angkatan 2016. Pada tahun ini, Teknik Metalurgi 2016 berkesempatan untuk mengunjungi  7 perusahaan, yaitu PT Antam-UBPE Pongkor, PT Krakatau Steel, PT Krakatau Posco,  PT KHI Pipe Industries,  PT Pelat Timah Nusantara (Latinusa), PT Krakatau Nippon Steel Sumikin, dan PT Krakatau Osaka Steel. Kunjungan ini diikuti sebanyak enam puluh sembilan mahasiswa dan didampingi oleh dua orang dosen wali Ir. Eddy Agus Basuki, M.Sc., Ph.D., dan Dr. Mont. M. Zaki Mubarok, ST., MT., ketua program studi Dr. Ing. Zulfiadi Zulhan, ST., MT., serta satu dosen muda Muhammad Abdur Rasyid, ST., M.Phil.

Pada hari pertama, tempat yang dikunjungi pertama kali adalah PT Antam-UBPE Pongkor. Dalam kesempatan ini mahasiswa diberi kesempatan untuk mengunjungi tambang bawah tanah dan juga dijelaskan mengenai proses pengolahan emas dimulai dari proses kominusi hingga penanganan limbah. Setelah  mengunjungi site dari PT Antam, dilanjutkan dengan mengunjungi tempat penjualan souvenir yang terletak di daerah Parempeng. Tempat tersebut merupakan bentuk penyediaan fasilitas dan bimbingan oleh PT Antam terhadap warga  sekitar sehingga dapat mendorong kreativitas dan juga memantik bisnis yang dapat bermanfaat bagi warga sekitar.

Pada hari kedua, Teknik Metalurgi 2016 berkesempatan untuk mengunjungi PT Krakatau Posco dan juga PT Pelat Timah Nusantara. Pada PT Krakatau Steel, dijelaskan mengenai perusahaan Krakatau Steel dan juga anak perusahaan lainnya. Setelah penjelasan berlangsung, dilanjutkan dengan berkeliling untuk melihat industri Krakatau steel dan juga Latinusa. Latinusa merupakan perusahaan pertama di Indonesia yang memproduksi tinplate berkualitas tinggi dengan standard internasional. Mahasiswa pun berkesempatan untuk melihat proses pembuatan tinplate tersebut secara langsung. Pada malam harinya, dilaksanakan juga acara ramah tamah antara Teknik Metalurgi 2016 dengan para alumni teknik Metalurgi ITB untuk menjalin kekeluargaan dan juga berbagi informasi yang dibutuhkan oleh para mahasiswa.

Pada hari ketiga, Teknik Metalurgi 2016 berkesempatan untuk mengunjungi PT Krakatau Nippon Steel Sumikin, PT Krakatau Osaka Steel, PT Krakatau Posco, dan PT KHI Pipe Industries. Selain itu mahasiswa pun dapat melihat langsung proses pembuatan produk masing-masing industri. Seperti  produk baja cold-rolling dan baja galvanisasi yang diproduksi PT KNSS, baja batangan polos maupun bentukan yang diproduksi PT KOS, dan juga pipa baja yang diproduksi PT KHI. Teknik Metalurgi 2016 juga berkesempatan untuk mengunjungi Blast Furnace pertama di Indonesia yang dimiliki oleh PT Krakatau Posco.

“Kesan selama ekskursi menyenangkan karena dapat mengetahui secara langsung proses-proses metalurgi yang telah diajarkan selama kuliah. Selain itu juga makanannya enak enak.” Ujar salah satu peserta kuliah kerja 2018.

Berita Terkait