Kuliah Tamu: Process Optimization Services – Advanced Process Control and Sensors


BANDUNG, metallurgy.itb.ac.id – Teknik Metalurgi ITB kembali mengadakan kuliah tamu pada hari Jumat, 26 Januari 2018. Kuliah tamu kali ini diisi oleh Erwan Yap. Beliau merupakan alumni Teknik Pertambangan ITB 1999. Sekarang beliau bekerja di perusahaan Metso.

Metso merupakan perusahaan yang bergerak di bidang services di pertambangan. Bisnis utamanya meliputi penyediaan peralatan dan jasa seperti SAG mill, ball mill, belt conveyor, feeder, pompa, dll. Divisi Process optimisation merupakan bisnis pendukung yang dimiliki oleh Metso. Advanced Process Control (APC) dan sensors adalah bagian dari divisi Process optimisation yang khusus memberikan nilai tambah ke produksi dari area pertambangan sampai ke pabrik pengolahan. Adapun produk dan jasa antara lain SmartTag™, VisioTruck™, VisioRock™, VisioRock-Studio™, OversizeDetector™, AudioMill™ (SmartEar™), VisioFroth™, dan Advanced Process control yang dikonfigurasi di platform OCS-4D©.

SmartTag™ merupakan teknologi ore tracking. Dengan ore tracking, bijih yang berasal dari area penambangan yang berbeda dapat ditelusuri, dicatat dan dimengerti dimana informasi bijih dapat dikorelasikan dengan produksi. Muatan bijih dari area penambangan akan diberi penanda berbasis RFID. Penanda ini akan melewati proses blasting, crushing, dan milling.

VisioTruck™ digunakan untuk mengetahui distribusi ukuran dari truk. VisioRock™ digunakan untuk mengetahui distribusi ukuran material di belt conveyor. Kedua applikasi diatas adalah online measurement, sedangkan VisioRock-Studio™ adalah offline measurement yang digunakan untuk mengukur distribusi ukuran hasil blasting. OversizeDetector™ merupakan tambahan dari VisioRock™ yang digunakan untuk mendeteksi benda berukuran besar yang melewati conveyor. OversizeDetector™ ini dapat memberikan peringatan dan sampai memberikan sinyal untuk mematikan conveyor.

AudioMill™ (SmartEar™) digunakan untuk mengukur noise di SAG mill. Teknologi ini memberikan solusi untuk mengukur impact noise yang terjadi di SAG mill. Tujuan dari pengukuran ini adalah untuk melindungi SAG mill liner dari kerusakan akibat hantaman bola baja dengan liner. Alat ini juga dapat digunakan untuk mengoptimalkan pengoperasian SAG mill dengan cara mengendalikan impact noise di dalam jarak pengoperasian.

VisioFroth™ digunakan untuk menganalisis froth pada proses flotasi. Variabel-variabel yang dapat diukur antara lain kecepatan froth, distribusi ukuran gelembung, tekstur froth, dan laju pecah gelembung. Variable – variable diatas dapat digunakan untuk proses pengoptimalan pengoperasian proses flotasi.

Dengan menggunakan perangkat lunak OCS-4D©, teknologi-teknologi tersebut akan dihubungkan dengan kontrol DCS dan/atau PLC. Perangkat lunak OCS-4D© digunakan untuk mengkonfigurasi advanced process control yang akan mengoptimalisasi set point sehingga proses di grinding, flotasi dan thickener dapat dikendalikan lebih baik dan akan meningkatkan kinerja pabrik secara keseluruhan.

 

Berita Terkait